Facebook
Twitter
RSS
gplus

Kelebihan dan Kekurangan Antara Adobe Illustrator dengan Corel Draw

27 Juni 2012 - -

Belajar Desain Grafis – Peran software Adobe Illustrator dan Corel Draw sebagai alat bantu para desainer untuk membuat suatu gambar (image) dalam bentuk vector sungguh cukup membantu. Kalau boleh saya katakan mau yang diolah atau dibentuk seperti apapun baik shape garis, lingkaran, kotak itu menjadi mudah dengan software olah gambar ini. Bahkan tidak hanya itu saja, sobat juga dapat menambahkan berbagai macam efek untuk menunjang karya sobat menjadi jauh lebih baik.

Sebelum saya menulis lebih jauh lagi tentang kekurangan dan kelebihan antara Adobe Illustrator dengan Corel Draw sebaiknya saya menjelaskan apa itu Adobe Illustrator dan apa itu Corel Draw. Adobe Illustrator menurut mbah Wikipedia (tetangganya mbah google satu RT) adalah “is a vector graphics editor developed and marketed by Adobe Systems” (mohon diterjemahkan sendiri ya ). Sementara Corel Draw menurut mbah Wikipedia juga adalah “is a vector graphics editor developed and marketed by Corel Corporation of Ottawa, Canada. Wah ternyata keduanya sama-sama untuk membuat gambar vector.

Nah sekarang pertanyaannya apakah itu gambar vector (vector graphics)? Vector graphics adalah “Vector graphics is the use of geometrical primitives such as points, lines, curves, and shapes or polygon(s), which are all based on mathematical expressions, to represent images in computer graphics. "Vector", in this context, implies more than a straight line. Vector graphics is based on images made up of vectors (also called paths, or strokes) which lead through locations called control points. Each of these points has a definite position on the x and y axes of the work plan. Each point, as well, is a variety of database, including the location of the point in the work space and the direction of the vector (which is what defines the direction of the track). Each track can be assigned a color, a shape, a thickness and also a fill. This does not affect the size of the files in a substantial way because all information resides in the structure; it describes how to draw the vector.”

Setelah mengetahui masing-masing definisi, marilah kita beranjak ke pembahasan yang sesuai dengan judul postingan ini. Loh bagaimana sih kangmas jelek ini kok lama banget sih baru dijelaskan. Biar postingannya kelihatan panjang sob padahal intinya ya sedikit. Jadi harap maklum ya sob. Hehehe.

Adobe Illustrator
Kelebihan:
- Fiturnya cukup lengkap.
- Ampuh untuk pembuatan illustrasi, logo, dan vector image lainnya.
- Kemampuan yang mumpuni untuk load file besar, diatas 50mb.
- Warna-warna yang disediakan sangat baik dan halus, tidak jauh beda dengan hasil print nantinya. Pokoknya mantabbb dah.
- Terintegrasi dengan software adobe yang lain, seperti adobe photoshop, dll. Wong satu keluarga kok.

Kekurangan:
- Walaupun fitur lengkap tapi cukup ribet untuk pengerjaan layout.
- Tidak User friendly untuk fitur power clip-nya
- Tempat produksi terkadang ada yang ngga support

Corel Draw
Kelebihan:
- Ampuh untuk pengaturan layout, pengalaman saya untuk layout termasuk cepat pengerjaannya di corel draw.
- Mudah penggunaannya, short cut2x-nya pun mudah untuk diingat dan diaplikasikan.
- Banyak tempat percetakan atau jasa2 desain menggunakan software ini.

Kekurangan:
- Fiturnya tidak begitu banyak. Atau apa saya yang tidak tahu fitur2 corel draw yang lain. Hehehe.
- Cukup berat untuk load file besar.
- Pilihan warna banyak sih tapi hasilnya hancur setelah di print. Ini mungkin faktor printer atau sayanya yang kurang lebih jauh lagi explor to corel draw. Hehehe.

Oke bagaimana sob?? Mau menggunakan Adobe Illustrator atau Corel Draw?? Kalau saya sih lebih suka pakai adobe illustrator dari pada corel draw namun dalam beraktifitas desain saya selalu pakai dua-duanya.

Mohon kritik dan sarannya untuk artikel ini dalam bentuk diskusi di kolom komentar.

ada 59 komentar untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan Antara Adobe Illustrator dengan Corel Draw

  1. blognya cukup bagus kang..
    lanjutkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sob atas dukungan n pujiannya. hehehe...

      Hapus
  2. Oww..! ternyata Adobe Ilustrator sangar juga yah.!! belajar Ilustrator aja ah.. baru nanti coba2 corelDraw.. hohohoh
    tenks buat review infonya..

    BalasHapus
  3. Kalau saya nilai mending Illustrator deh, tapi yg versi CS.6 ya ... jangan yg lama, Fitur melebihi Corel

    BalasHapus
  4. kalo saya jelas memelih Adobe illustrator ( apalagi CS6 nya..Total sangar, dengan tampilan hitam...ini menambah kesan sangar dan jantan). Selain itu terdapat layer yang membuat pekerjaan bisa tertata rapi, dengan pilihan warna yang sangat banyak. Hasil gradasi juga lebih halus jika di banding corel, kalo korel meenurut saya sangat kasar.

    BalasHapus
  5. Illustrator emang oye...
    kualitas cetak lebih bagus

    BalasHapus
  6. Dari pengalaman saya menggunakan Illustrator jauh lebih bagus dibandingkan dengan corel. Terutama dari kualitas warna yang dihasilkan. Di lembaga kursus kami juga menggunakan Illustator, berikut adalah contoh hasil karya lulusan kami dengan AI dan Adobe Photoshop. http://computer-course-center.com/lulusan.html

    BalasHapus
  7. Makasih infonya, singkat,lucu, tapi berisi.... Mantap (y)

    BalasHapus
  8. menurut saya sih, setelah puluhan tahun memakai keduanya...perbedaan mendasar cuman 2 sebenarnya, kecepatan dan warna, corel lebih cepat dalam pengerjaan cuman kacau dalam warna, illustrator, ribet dalam melayout lama, tapi warna ok mann, brani duadu soal kecepatan kalau corel.... perbandingan nih, dengan materi desain yg sama, misalkan dicorel bisa 10 menit kalau di AI bisa 40 menit, gitu dehh...tp memang biasanya untuk profesional lebih memilih AI karena ketepatan warnanya, kalau percetakan biasanya memilih corel karena lebih mudah...terserah mau pilih yg mana, yg dinilai sih hasil karyanya bukan pada software apa yg digunakan.....hehe..gimana????

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pakai corel, begitu print out hasilnya warna jadi lain. repot

      Hapus
  9. ma'af inin copy paste untuk pribadi

    BalasHapus
  10. Saya juga setuju tentang pernyataan anda

    BalasHapus
  11. Bahasa Ingrisnya itu loga Gan...! Kanapa gk diterjemahkan dulu... he2.

    Mau instal Iustrator agak ragu, khawtir lemot PC nya Gan, Tapi Corel udah Ok. Apa nanti ngaruh ke kecepatan PC?

    hatur nuhun...!

    BalasHapus
  12. saya pengguna coreldraw kurang lebih sudah 12 tahun, kalo menurut sya dari jawaban2 temen2 diatas, sya simpulkan kalau temen2 banyak yg blum paham coreldraw. soal warna, berarti ada 1 langkah teman2 yg belum dirubah, dibagian color management nya.
    kalau bagi saya, ga ada yg lebih baik dari corel, dari beberapa kekurangannya, lebih banyak kelebihannya gan.... corel sangat menyenangkan gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups...
      saya pengguna corel bru 4 thn..
      untuk kecocokan warna memang dr color management...
      kalau ingin hasilnya sma waktu d print, lebih baik pakai format CMYK...
      mode CMYK lbih mndekati warnanya pada saat d print.

      Hapus
  13. Dunia Design Grafis itu adalah dunia yang kreatif, menyenangkan dan selalu di butuhkan oleh publik. Menurut saya, untuk mjd seorang design grafis yang handal jangan hanya menguasai satu software design grafis saja. Dengan menguasai beberapa software design grafis, bisa semakin memenuhi kebutuhan pasar. Benar kata Andi Aspa di atas, utk digital printing biasanya memilih ai atau corel agar warna yang di hasilkan what you see what you get. Sedangkan utk percetakan, biasanya memilih corel agar mudah dan cepat dalam proses pra cetak. Jadi software grafis apapun yang kamu kuasai, yang penting THINK CREATIVE THINK DESIGN!!!!

    BalasHapus
  14. Dunia Design Grafis itu adalah dunia yang kreatif, menyenangkan dan selalu di butuhkan oleh publik. Menurut saya, untuk mjd seorang design grafis yang handal jangan hanya menguasai satu software design grafis saja. Dengan menguasai beberapa software design grafis, bisa semakin memenuhi kebutuhan pasar. Benar kata Andi Aspa di atas, utk digital printing biasanya memilih ai atau corel agar warna yang di hasilkan what you see what you get. Sedangkan utk percetakan, biasanya memilih corel agar mudah dan cepat dalam proses pra cetak. Jadi software grafis apapun yang kamu kuasai, yang penting THINK CREATIVE THINK DESIGN!!!!

    BalasHapus
  15. klw menurut saya ilustrator menang di tampilan warna dan effect lebih smoth. dan klw corel draw pengaturan warna defaultnya bukan cmyk, makannya harus di setting profil dulu. klw bwat kerja corel bisa lebih cepat krn tombol pintasnya. ttp tergantung kebiasaan masing2. klw corel x7 atau lebih tinggi, g tau deh. soalnya lum di coba. pasti lebih disempurnakan

    BalasHapus
  16. terimakasih referensi nya sangat membantu tugas kuliah saya :)

    BalasHapus
  17. Illustrator lebih ribet daripada coreldraw

    BalasHapus
  18. Corel lebih cepat dan praktis,,
    Adobe ilustrator lebih kompleks tapi keren bro,,

    kalo ane sih make keduanya, tapi seringnya seh Adobe ilustrator,,,,

    berkunjung ke blog ane yay,,,,

    ZonaBebaZ.blogspot.co.id

    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>






    BalasHapus
  19. setuju dengan @advhakim, saya pengguna keduanya ketika naek cetak emang kasusnya sama kaya gt. makanya sekarang ini untuk memuaskan klayen saya memakai AI, meskipun aga lama ngejainnya. tapi Alhamdulillah pelanggan saya puas :D

    BalasHapus
  20. saya sudah lama menggunakan corel draw dan berhubung saya juga lagi pengen belajar Ai Mmakanya saya cari kelebihan dan kekurangannya. thanks banget buat artikelnya. sangat bermanfaat

    BalasHapus

Tolong untuk memberikan saran dan kritikan yang membangun. Komentar yang mengarah ke tindakan spam, flaming, dan rasis akan di hapus. Terima Kasih.